Social Icons

Pages

Jumat, 30 November 2012

ARTI SEBUAH PERSAHABATAN


JUDUL: ARTI SEBUAH PERSAHABATAN


PEMAIN:


JONI: pemuda usia 20th, anak kuliahan


BUDI: pemuda usia 21th, anak kuliahan yang juga bekerja sebagai penjaga warnet


HASAN: pemuda usia 25th, pekerja kantoran


RONI: pria berusia 32th, sudah berkeluarga, pengusaha rental mobil


ANDI: pria berusia 30th, sudah berkeluarga, karyawan swasta


Persahabatan kelima orang diatas berawal dari kesamaan hobi dan kegemaran akan burung berkicau dimana sebelumnya mereka sering berkumpul dalam event - event lomba hingga pada akhirnya mereka sering bertemu hanya untuk sekedar ngobrol ataupun hang out bareng. Hingga pada suatu saat Budi mengalami kecelakaan sepeda motor sehingga mengakibatkan luka yang cukup serius di bagian kepala dan mengalami koma selama hampir 10 hari.


Joni: kasihan betul teman kita ini..keluarganya dari Sumatra pun kesulitan datang kesini karena terkendala biaya


Andi: yah untuk sementara kita bergantian menjaga Budi sampai keluarganya datang


Hasan: kemarin pagi saat aku menjaga Budi, ada tagihan dari pihak rumah sakit, hingga kemarin jumlah biaya yang harus dikeluarkan sudah mencapai 20jt


Roni: kelihatannya masih membutuhkan proses recovery yang lumayan lama karena ternyata pendarahan di otak sudah sampai mengenai beberapa syaraf penting


Joni: keluarganya pun pasti tak akan sanggup membiaya biaya rumah sakit ini..sebelum kecelakaan, Budi curhat tentang uang semester yang belum terbayar


Roni: aku mau jual si-Ronggeng ah. Nanti uangnya biar dipake untuk biaya rumah sakit Budi. Ngga tega aku melihat dia terbaring koma tanpa daya

Joni: yang bener Ron? si-Ronggeng kan pernah ditawar juragan tembakau 250jt. waktu itu aja dirimu ngga mau dengan alasan masih seneng sama si-Ronggeng


Roni: ngga apa-apa..Budi sahabat baikku. aku harus melakukan sesuatu untuk meringankan bebannya


Hasan: kalau mengadakan charity saat event piala Raja minggu depan? kan banyak peserta yang mengenal Budi


Andi: jangan ah. Belum tentu semua orang rela dan suka menyumbang. Kita usahakan dari kita dulu saja. kalau ternyata masih kurang, baru kita pikirkan jalan yang lain





Hasan: kalau begitu, aku mau jual beberapa sangkar buatan Solo yang antik - antik. Biar bisa buat tambahan biaya rumah sakit juga


Joni: kalau aku mau jual 3 pasang burung cucakrowo yang aku punya..lumayan kan nilainya

Andi: aku ngga punya burung jagoan, ngga punya sangkar yang bagus juga. Tapi bulan depan bonus dari kantor akan keluar. Aku coba bicarakan dengan istriku, semoga dia ikhlas menyisihkan sebagian uang bonus untuk Budi

Roni: siipp..kalian semua memang sahabat sejati. Oke kita segera action ya biar langsung kelihatan berapa jumlah yang bisa terkumpul

Selasa, 27 November 2012

10 Antivirus Terbaik Saat Ini (New)

www.wayanwidarsa.blogspot.com

01. Bitdefender Antivirus Plus 2013


BitDefender adalah perangkat lunak antivirus yang dapat digunakan untuk Microsoft Windows, Symbian OS, Windows Mobile, Mac OS X (beta) dan freeBSD. BitDefender tersedia dalam 2 macam yaitu yang berlisensi berbayar dan yang berlisensi gratis.
02. Kaspersky Anti-Virus 2012

Kaspersky Anti-Virus ( Rusia : ????????? ??????????? ; sebelumnya dikenal sebagai antivirus Toolkit Pro , sering disebut sebagai KAV ) merupakan antivirus program yang dikembangkan oleh Kaspersky Lab . Hal ini dirancang untuk melindungi pengguna dari malware dan terutama dirancang untuk komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan Mac OS X , meskipun versi untuk Linux tersedia untuk konsumen bisnis.
03. Panda Antivirus Pro 2012

Panda Pro 2012 fitur produk antivirus dan antispyware, browser aman, firewall pribadi, Panda USB Vaccine , kerentanan dan cadangan untuk pengguna korporat dan rumah. Fitur juga termasuk safe mode mencegah instalasi malware. PC TuneUp dan Pengoptimal Kinerja tersedia di Suite Global Protection. Vaksin USB foil autorun malware berbasis. Blok-blok browser yang aman dari website yang berisi phishing dan malware. Browser yang aman dan vaksin usb gratis, tapi ini adalah perlindungan yang lebih kuat.
04. F-Secure Anti-Virus 2012

F-Secure Corporation (sebelumnya data Fellows ) adalah anti-virus dan keamanan komputer dan perangkat lunak komputer perusahaan yang berbasis di Helsinki , Finlandia . Perusahaan ini memiliki kantor negara 20 dan kehadiran di lebih dari 100 negara, dengan operasi Lab Keamanan di Helsinki, Finlandia dan di Kuala Lumpur, Malaysia. Melalui lebih 200 mitra operator yang secara global, jutaan penggunaan pelanggan broadband F-Secure jasa. F-Secure Corp diperdagangkan di Bursa Efek Helsinki bawah FSC1V simbol.
05. AVG Anti-Virus 2012

Perusahaan AVG Technologies ini terkenal dengan antivirus yang lengkap selain menawarkan keamanan yang mutlak untuk komputer untuk menjaga dan melindungi malware, antivirus ini menawarkan pelindungan khusus untuk komputer dari kegiatan phising, eksploitasi dan serangan malware lainnya. Fitur perangkat lunak ini memiliki fitur toolbar dengan pencarian aman serta dalam mengakses Facebook dan banyak lainnya, sangat baik bekerja untuk OS Windows Vista, XP dan Windows 7.
06. Avast! Pro Antivirus 6

! Avast adalah antivirus program komputer yang dikembangkan oleh Software sebagai AVAST (sebelumnya dikenal sebagai Software sebagai ALWIL ), perusahaan yang bermarkas di Praha , Republik Ceko , dengan kantor di Linz , Austria , Friedrichshafen , Jerman , dan San Mateo , California . [ 1 ] Nama Avast adalah singkatan dari ” A nti- V irus - Sebuah advanced S e t “.
07. G Data AntiVirus 2012

G Software Data adalah kumpulan anti- malware solusi oleh G Data Software, Inc Perusahaan ini didirikan pada Bochum , Jerman pada tahun 1985 dengan Amerika Utara anak perusahaan saat ini terletak di Durham, North Carolina , Amerika Serikat [ 1 ] G Data mampu mencapai tingkat deteksi lebih tinggi dibandingkan produk lainnya melalui penggunaan mesin pemindaian beberapa dari Avast dan BitDefender . [ 2 ] G Data menyediakan produk keamanan beberapa yang ditargetkan pada pasar Rumah dan Bisnis.
08. BullGuard Antivirus 12


BullGuard adalah yang berbasis di Inggris, swasta perangkat lunak perusahaan yang memproduksi internet produk keamanan untuk pengguna rumah dan usaha kecil. Memiliki kantor di Denmark, Rumania, Inggris, Swedia, Benelux, Perancis, Jerman, Australia dan Amerika Serikat.
Logo BullGuard adalah bulldog putih pada latar belakang merah. Para anjing penjaga konon melambangkan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan kepada penggunanya dan juga singkatan user-friendly mengklaim desain produk ‘. Bulldog adalah, bagaimanapun, bukan hanya logo, tapi anjing hidup nyata disebut Winston, yang milik seorang karyawan di BullGuard. Meskipun Winston kini telah pergi ke pensiun, dia sesekali mengunjungi kantor BullGuard di Kopenhagen.
09. Avira AntiVir Premium 2012

Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan Jerman. Aplikasi anti virus yang didasarkan pada Produk AntiVir. Mesin Scan Virus AntiVir Biasa disebut “Luke Filewalker”, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Biasa disebut “H + BEDV Datentechnik GmbH” ketika didirikan. Avira AntiVir Personal - Free Antivirus gratis untuk penggunaan pribadi. Mesin Antivirus Avira telah digunakan juga untuk Ashampoo antivirus dan Webroot WebWasher.
10. ESET NOD32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus , umumnya dikenal sebagai NOD32 , adalah antivirus perangkat lunak paket yang dibuat oleh Slovakia perusahaan ESET . ESET NOD32 Antivirus dijual dalam dua edisi, Home Edition dan Business Edition. Paket Bisnis Edition menambahkan ESET Remote Administrator memungkinkan untuk penyebaran server dan manajemen, mirroring dari update database ancaman tanda tangan dan kemampuan untuk menginstal pada Microsoft Windows Server sistem operasi.

Antivirus yang cocok dan tidak dengan win 7

ANTI VIRUS YANG COCOK DAN TIDAK DENGAN WINDOWS 7

AVtest mempublikasikan kemampuan produk Antivirus. Test dilakukan untuk Windows 7 pada kuartal pertama tahun ini.
Di bawah ini daftar antivirus yang lolos test dengan Windows 7:
  • Avast: Free AntiVirus 5.0 and 6.0
  • AVG: Internet Security 10.0
  • Avira: Premium Security Suite 10.0
  • BitDefender: Internet Security Suite 2011
  • BullGuard: Internet Security 10.0
  • Eset: Smart Security 4.2
  • F-Secure: Internet Security 2011
  • G Data: Internet Security 2011
  • Kaspersky: Internet Security 2011
  • Microsoft: Security Essentials 2.0
  • MicroWorld: eScan Internet Security Suite 11.0
  • Panda: Internet Security 2011
  • Sophos: Endpoint Security and Control 9.5
  • Sunbelt: Vipre Antivirus Premium 4.0
  • Symantec: Norton Internet Security 2011
  • Trend Micro: Titanium Internet Security 2011
  • Webroot: Internet Security Complete 7.0
  • BitDefender, F-Secure, dan Symantec masuk score 15 terbaik
  • G Data, Kaspersky, dan Panda mendapatkan score 14
  • AVG score 13.5
  • Sophos 13
  • ESET, Trend Micro, dan Webroot, score 12.5
  • GFI hanya mendapat score 12
  • Avast, Avira, eScan, dan Microsoft mendapat score 11.5
  • Dan BullGuard paling bawah dengan score 11
Ada 5 yang gagal uji test antivirus di WIndows 7

CA: Internet Security Suite 2011
  • Comodo: Internet Security Premium 5.0 and 5.3
  • McAfee: Total Protection 2011
  • Norman: Security Suite Pro 8.0
  • PC Tools: Internet Security 2011

  • Angka terendah adalah McAfee dan Norman, score 8.5. Keduanya memiliki kesalahan peringatan pada software tertentu.

    Senin, 26 November 2012

    Seni Lukis

    1 Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.
    contoh gambar  :




    2 Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan , secara teknis disebut dengan matrix. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, di masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.
    Contoh gambar :  



    3 Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).
    Contoh gambar




    4 Seni instalasi (installation = pemasangan) adalah seni yang memasang, menyatukan, dan mengkontruksi sejumlah benda yang dianggap bisa merujuk pada suatu konteks kesadaran makna tertentu. Biasanya makna dalam persoalan-persoalan sosial-politik dan hal lain yang bersifat kontemporer diangkat dalam konsep seni instalasi ini.
    Seni instalasi dalam konteks visual merupakan perupaan yang menyajikan visual tiga dimensional yang memperhitungkan elemen-elemen ruang, waktu, suara, cahaya, gerak dan interaksi spektator (pengunjung pameran) sebagai konsepsi akhir dari olah rupa.
    contoh gambar



    5 Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.
    contoh gambarnya



    Pengertian Seni Rupa Tradisional, Modern dan Kontemporer

    Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

    1.
    SENI RUPA TRADISIONAL
    Pengertian
    Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Seni tradisional yang ada di suatu daerah berbeda dengan yang ada di daerah lain, meski pun tidak menutup kemungkinan adanya seni tradisional yang mirip antara dua daerah yang berdekatan.
    Ciri-ciri
    *
    Penciptaannya selalu berdasarkan pada filosofi sebuah aktivitas dalam suatu budaya, bisa berupa aktivitas religius maupun seremonial/istanasentris.
    *
    Terikat dengan pakem-pakem tertentu.
    Contoh
    Wayang kulit, wayang golek, wayang beber, ornamen pada rumah-rumah tradisional di tiap daerah, batik, songket, dan lain-lain.
    1.
    SENI RUPA MODERN
    Pengertian
    Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa.
    Ciri-ciri
    *
    Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi , tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas.
    *
    Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu.
    Contoh
    Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, Affandi, S.Soedjojono dan pelukis era modern lainnya.
    Seniman
    Raden Saleh Syarif Bustaman, Abdulah Sr, Pirngadi, Basuki Abdullah, Wakidi, Wahid Somantri, Agus Jaya Suminta, S. Soedjojono, Ramli, Abdul Salam, Otto Jaya S, Tutur, dan Emira Sunarsa.
    1.
    SENI RUPA KONTEMPORER
    Pengertian
    Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Kontemporer itu artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang. Lukisan kontemporer adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui. Misalnya lukisan yang tidak lagi terikat pada Rennaissance. Begitu pula dengan tarian, lebih kreatif dan modern.
    Ciri-ciri
    *
    Tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman.
    *
    Tidak adanya sekat antara berbagai disiplin seni, alias meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari, musik, hingga aksi politik.
    Contoh
    Karya-karya happening art, karya-karya Christo dan berbagai karya enviromental art.
    Seniman
    Gregorius Sidharta, Christo, dan Saptoadi Nugroho.
    Referensi:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa
    http://id.wikipedia.org/wiki/Seni_kontemporer
    http://anakciremai.blogspot.com/pendidikan-seni-tentang-perkembangan-seni-rupa-indonesia
    http://id.answers.yahoo.com

    Cara Membuat Gambar Melayang



    Bisa untuk Blog or WordPress
    Benar apa kata para sahabat blogger, blogwalking sangat berguna sekali. Disamping bisa menambah teman dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan SEO. Bisa juga kita mendapatkan inspirasi dari blog yang kita kunjungi tersebut. Sebagai contoh ketika saya berkunjung ditempatnya ●●●ЄЯШЇЙ●●● tidak sengaja saya tertarik dengan aksesoris di salah satu blognya. Saya pikir aksesoris tersebut hanya bisa dipasang di Blogspot atau di WordPress dengan self hosting.
    Namun setelah saya coba ternyata di WordPress.com aksesoris tersebut dapat berjalan. Aksesoris yang saya maksud adalah memasang gambar yang selalu di pojok halaman. Gambar tersebut tidak akan bergerak dan tetap berada di pojok halaman walaupun kita meng-scroll halaman ke atas dan ke bawah. Cukup menarik bukan? Lumayan untuk mempercantik tampilan blog kita.
    Jika rekan-rekan tertarik untuk mencobanya atau untuk sekedar mempercantik tampilan blog, caranya sangat-sangat mudah.
    1. Login ke akun WordPress.com anda. atau Blogger/Blog anda
    2. Kemudian klik [Appereance] > [Widgets].
    3. Pilih widgets “Text“.
    4. Copy dan pastekan kode dibawah ini:
      Posisi bawah-kanan:

      " target="_blank">
      http://1.gravatar.com/avatar.jpg" />
    Posisi atas-kanan:

    " terget="_blank">
    http://1.gravatar.com/avatar.jpg" />
    Posisi bawah-kiri:

    " terget="_blank">
    http://1.gravatar.com/avatar.jpg" />
    Posisi atas-kiri:

    " target="_blank">
    http://1.gravatar.com/avatar.jpg" />

  • Dan klik tombol [Save].

  • Keterangan:

    • Anda bisa mengganti huruf yang dicetak merah dengan URL gambar dan URL blog.
    • Trick ini tidak akan berjalan di browser IE

    ARTIKEL SASTRA INDONESIA



    ARTIKEL SASTRA INDONESIA

    ARTIKEL-ARTIKEL TENTANG SASTRA INDONESIA
    A.    Sastra lahir dari proses kegelisahan sastrawan atas kondisi masyarakat dan terjadinya ketegangan atas kebudayaannya. Sastra sering juga ditempatkan sebagai potret sosial. Ia mengungkapkan kondisi masyarakat pada masa tertentu. Ia dipandang juga memancarkan semangat zamannya. Dari sanalah, sastra memberi pemahaman yang khas atas situasi sosial, kepercayaan, ideologi, dan harapan-harapan individu yang sesungguhnya merepresentasikan kebudayaan bangsanya. Dalam konteks itulah, mempelajari sastra suatu bangsa pada hakikatnya tidak berbeda dengan usaha memahami kebudayaan bangsa yang bersangkutan. Dengan perkataan lain, mempelajari kebudayaan suatu bangsa tidak akan lengkap jika keberadaan kesusastraan bangsa yang bersangkutan diabaikan. Di situlah kedudukan kesusastraan dalam kebudayaan sebuah bangsa. Ia tidak hanya merepresentasikan kondisi sosial yang terjadi pada zaman tertentu, tetapi juga menyerupai pantulan perkembangan pemikiran dan kebudayaan masyarakatnya.

    B.     Kesusastraan Indonesia merupakan potret sosial budaya masyarakat Indonesia. Ia berkaitan dengan perjalanan sejarah. Ia merupakan refleksi kegelisahan kultural dan sekaligus juga merupakan manifestasi pemikiran bangsa Indonesia. Periksa saja perjalanan kesusastraan Indonesia sejak kelahirannya sampai kini.
    Pada zaman Balai Pustaka (1920—1933), misalnya, kita melihat, karya-karya sastra yang muncul pada saat itu masih menunjukkan keterikatakannya pada problem kultural ketika bangsa Indonesiaberhadapan dengan kebudayaan Barat. Tarik-menarik antara tradisi dan pengaruh Barat dimanifestasikan dalam bentuk tokoh-tokoh rekaan yang mewakili golongan tua (tradisional) dan golongan muda (modern). Tarik-menarik itu juga tampak dari tema-tema yang diangkat dalam karya sastra pada masa itu. Problem adat yang berkaitan dengan masalah perkawinan dan kedudukan perempuan hampir mendominasi novel Indonesia pada zaman itu.
    Dalam puisi, problem kultural itu tercermin dari masih kuatnya keterikatan pada bentuk kesusastraan tradisional, seperti pantun atau syair. Meskipun Muhammad Yamin memperkenalkan bentuk soneta (Barat) dalam puisinya, ia sebenarnya masih menggunakan pola pantun dalam persamaan persajakan (bunyi) setiap lariknya. Sementara itu, dilihat dari tema-tema yang diangkatnya, tampak ada usaha merumuskan sebuah konsep kebangsaan, meskipun yang dikatakan Muhammad Yamin masih dalam lingkup Pulau Sumatera.
    Dalam bidang drama, Rustam Effendi dalam Bebasari (1926) secara simbolik menawarkan perlawanan kepada bangsa asing (Belanda). Penculikan Sita (Ibu Pertiwi) oleh Rahwana (kolonial) pada akhirnya harus dimenangkan oleh perjuangan gigih seorang Rama (pemuda Indonesia). Jadi, secara simbolik, drama ini sudah mempersoalkan konsep kebangsaan dan pentingnya perjuangan melawan penjajah.
    Sementara itu, di pihak yang lain, secara ideologis, karya sastra, terutama novel-novel yang diterbitkan Balai Pustaka memperlihatkan betapa novel-novel yang diterbitkan lembaga itu sejalan dengan ideologi pemerintah kolonial Belanda. Balai Pustaka sebagai lembaga penerbitan yang dikelola pemerintah kolonial Belanda, tentu saja mempunyai kepentingan ideologis. Oleh karena itu sangat wajar jika novel-novel yang diterbitkan Balai Pustaka mengusung kepentingan ideologi kolonial.

    C.     pada kesepakatan ahli yang menyatakan sastra Indonesia berawal pada roman-roman terbitan Balai Pustaka tahun 1920-an, sejarahnya hingga sekarang terhitung masih sangat muda, sekitar 80 tahun. Karena itu, diperlukan buku-buku sejarah sastra yang bisa dirujuk pelajar, mahasiswa, peminat, dan ahli sastra. Karena itu, wajarlah apabila perjalanan sejarah sastra Indonesia dibagi-bagi dengan mempertimbangkan momentum perubahan sosial dan politik, seperti tampak dalam buku Ajip Rosidi (1968). Pembagian yang lebih rinci dengan angka tahun menjadi 1900-1933, 1933-1942, 1942-1945, 1945-1953, 1953-1961, dan 1961-1967 dengan warna masing-masing sebagaimana tampak pada sejumlah karya-karya sastra yang penting. Kemudian pada periode 1961-1967 tampak menonjol warna perlawanan dan perjuangan mempertahankan martabat, sedangkan sesudahnya tampak warna percobaan dan penggalian berbagai kemungkinan pengucapan sastra. Format baru Kalau momentum sosial-politik masih dipergunakan sebagai ancangan periodisasi sejarah sastra Indonesia 1900-2000, mungkin saja tercatat format baru dengan menempatkan tiga momentum besar sebagai tonggak-tonggak pembatas perubahan sosial, politik, dan budaya, yaitu proklamasi kemerdekaan 17-8-1945, geger politik dan tragedi nasional 30 September 1965, dan reformasi politik 21 Mei 1998. Analisis struktural Umar Yunus tentang perkembangan puisi Indonesia dan Melayu modern (Bhratara, Jakarta, 1981) dan telaah struktural tentang novel Indonesia (Universiti Malay, Kuala Lumpur, 1974) barangkali dapat dipergunakan sebagai rujukan untuk menjelaskan perubahan-perubahan tersebut. Dengan mempertimbangkan ketiga momentum tadi maka diperoleh empat masa perjalanan sejarah sastra Indonesia, yaitu masa pertama mencakup tahun 1900-1945, masa kedua mencakup tahun 1945-1965, masa ketiga mencakup tahun 1965-1998, dan masa keempat yang dimulai pada tahun 1998 hingga waktu yang belum dapat diperhitungkan.

    D.    Sejarah sastra Indonesia, seperti halnya sejarah sosial lainnya, masih belum memperlihatkan kondisi yang sebenarnya. Bangunan sejarah sastra Indonesia rumpang di sejumlah bagian. Ini diakibatkan oleh studi sastra yang berpedoman pada kanonisasi dan kategorisasi sastra, pengukuhan periodeisasi yang telah ditulis sebelumnya, di samping juga karena keterbatasan sumber data dan kritikus yang ada.Penulisan sejarah sastra memunculkan sejumlah nama dan karya yang dianggap mewakili periode tertentu dalam pembabakan yang diciptakan. Selain disangkutkan pada peristiwa sosial, pembabakan ini juga memperlihatkan pada kecenderungan capaian estetika tertentu, sesuai dengan semangat zamannya. Karena itu, kita mengenal periode Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, Angkatan 66, dan sebagainya. Inilah risiko yang harus dijumpai hingga saat ini, bagaimana sejarah perjalanan sastra Indonesia tak dapat dilepaskan dari konteks sosialnya. Setidaknya, pandangan ini memperlihatkan hubungan yang erat antara sastra dan masyarakatnya.Di luar kanonisasi dan kategorisasi yang dibentuk, sejumlah genre sastra kita hilang atau tidak banyak dibicarakan. Karya-karya yang ada di media massa, terutama yang terbit di berbagai koran daerah, luput dari kajian. Karya-karya yang dianggap picisan atau terbitan penerbit partikelir pribumi juga tak masuk dalam pembicaraan. Bahkan, beberapa karya awal sejumlah pengarang besar yang terbit di koran dan penerbit kecil tak masuk dalam daftar riwayat kepengarangan, yang sebenarnya penting untuk dibicarakan dalam proses kreatif kepengarangan. Bahkan sejumlah karya tidak dapat ditemukan lagi, baik akibat sensor dan pembredelan pada masa penjajahan dan setelah kemerdekaan, maupun karena telah hancur karena umurnya yang sudah tua.Namun, kajian sejarah sastra Indonesia, terutama yang membicarakan karya-karya yang tidak masuk dalam kanonisasi ini, telah dilakukan oleh sejumlah ahli sastra dan hasilnya dapat kita temukan. Wendy June Solomon (1993) dan Mikihiro Moriyama (2005), misalnya, dengan cukup komprehensif membahas karya-karya sastra yang terbit di Jawa Barat dan sejarah penerbitannya. Demikian juga dengan George Quinn (1992) yang meneliti novel-novel Jawa. Ada juga Sitti Faizah Rivai (1963) yang pernah menulis skripsi di Universitas Indonesia tentang roman-roman picisan pada zaman penjajahan. Kajian yang menarik juga muncul di sejumlah artikel dalam buku Clearing a Space yang dieditori oleh Keith Foulcher dan Tony Day (2006). Doris Jedamski (2007) juga melakukan penelitian terhadap polemik karya sastra yang terbit di Medan pada masa penjajahan.

    E.     Sastra Indonesia, dengan penambahan kata ”modern”, sering kali menjadi awal perdebatan ketika berbicara tentang sejarah sastra Indonesia. Pengaruh bentuk dan gaya sastra asing (baca: Barat) dijadikan patokan untuk menyebut sastra Indonesia yang modern. Dalam nuansa dan konteks seperti ini, kesinambungan sastra Indonesia yang modern dengan tradisi sastra yang sudah ada, yang menjadi latar estetik para pengarang, menjadi kabur. Pergaulan pengarang dengan budayanya, dengan tradisi estetik yang diterima secara budaya, sekadar menjadi warna atau setting dalam proses kreatif yang dijalaninya.Pada masa transisi dari sastra lama ke sastra modern, jika itu ada, dibatasi dan ditandai pada penghormatan akan nama pengarang yang sebelumnya anonim, media publikasi, bentuk pendidikan dan pengetahuan barat, dan pengaruh karya sastra barat. Sebagai akibat, sastra lama kemudian dijadikan artifak, yang dikaji melalui filologi atau arkeologi. Para peneliti sastra, khususnya sejarah sastra, menjadi asing dengan tradisi yang dimiliki oleh sejarah panjang sastra di Indonesia, atau nusantara ini. Hal yang lazim adalah para peneliti sastra menggunakan hasil kajian yang terakhir itu untuk menunjang kerja mereka. Kita tidak pernah betul-betul bersinggungan langsung dengan karya-karya lama kita.Sementara waktu terus berjalan, jarak ketertinggalan kita dengan persoalan yang serius ini mungkin semakin panjang. Karya sastra Indonesia yang modern dan kontemporer terus lahir, yang belum sepenuhnya mampu dibicarakan. Di lain sisi, sastra lama kita juga semakin jauh dan asing. Kegundahan yang menyelimuti kajian sastra Indonesia, terutama para penelitinya, tampaknya tergambar dalam situasi seperti ini.

    Daftar Isi

    i
     

    Sample text

    Sample Text

     
    Blogger Templates