Share It

Teman

Pendapat Anda

Ikon

Google+ Followers

Home » » Pengertian Input, Process, Penyimpanan (Backing Storage) dan Output pada Komputer

Pengertian Input, Process, Penyimpanan (Backing Storage) dan Output pada Komputer


INPUT DEVICE, yaitu suatu fungsi untuk memasukan data dari luar ke dalam memori komputer. contoh perangkat input, seperti: mouse keyboard.

gambar mouse


pengertian sedikit tentang mouse.
Jadi alat di atas ini kegunaannya untuk perpindahan kursor atau pointer secara capat (jadi lebih efisien) jika dibandingkan dengan keyboard.


gambar keyboard

Sedangkan fungsi keyboard adalah untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus serta berbagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lain yang diperlukan, seperti membuka file dan menyimpan file.


PROCESS DEVICE adalah pengolahan seluruh aktifitas atau masukan (input), yang dilakukan oleh komputer itu sendiri. perangkatnya adalah processor.

gambar processor


processor terdiri dari dua bagian utama, yaitu:
yang pertama, control unit (CU), control unit ini, merupaka komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer. mulai dari perangkat input sampai perangkat outputnya.
yang kedua, arithamatical logic unit (ALU). bagian prosesor ini, khusus untuk mengolah data aritmatika (menambah, mengurang,) serta data  logika (perbandingan).

PENYIMPANAN (Backing Storage) adalah suatu wadah untuk menyimpan data pada komputer, sering di sebuh dengan nama Memori.

gambar backing storage


gambar di atas adalah salah satu contoh backing storage.

Memori ini juga terdiri atas dua macam, yaitu:
yang pertama, Read only memori (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dihapus, dirubah dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer (bawaan). isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. sebagian perintah yang ada di ROM akan dipindahkan ke RAM. perintah yang ada di ROM antara lain: perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencetak semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain:
1. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang dapat kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan, setelah itu tidak dapat diprogram.
2. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi prom dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengna yang diinginkan.
3. EPROM (Erasable Program ROM)
, merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program
kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
4. .EEPROM (Electrically Erasable Program ROM)
perkembangan mutakhir dari ROM dimana
kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunkan teknik elektrik.
EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
yang kedua, Random Access Memory (RAM), yaitu memori yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dar RAM ini adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer.

OUTPUT DEVICE
adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berapa suara. Contoh printer, speaker, monitor dan banyak yang lainnya.

gambar monitor

Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.

gambar processing/alur pada komputer

0 komentar:

Poskan Komentar

Daftar Isi

i
Diberdayakan oleh Blogger.

Search this blog

Memuat...