Social Icons

Pages

Minggu, 16 Desember 2012

Perbedaan Internet dengan Intranet

Perbedaan Internet dengan Intranet


Teknologi Informasi – Apakah teman-teman mengetahui perbedaan antara internet dengan intranet? Tentu belum banyak yang tahu (termasuk saya ^_^ ). Hal ini sangatlah penting diketahui oleh orang-orang IT, karena merupakan salah satu pengetahuan dasar dalam bidang kejuruan mereka. Namun hal ini tidak dapat dijadikan alasan bagi masyarakat awam untuk tidak mengetahui apa yang membedakan antara internet dan intranet.
Internet

Internet merupakan hubungan antara perangkat komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan di seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi, seperi telepon, satelit, dan lainnya. Internet berasal dari kata Interconnection Networking. Pengertian internet juga dapa teman-teman lihat pada postingan Memahami Pengertian Internet.

Dalam internet, digunakan protokol berupa TCP/IP untuk mengatur komunikasi dan integrasi. Keduanya (TCP dan IP) memiliki fungsi umum antara lain : mengirimkan dan mengatur paket-paket dalam pengiriman data, memilih rute terbaik dalam proses transmisi data bahkan memberikan rute alternatif apabila ada rute yang tidak dapat digunakan. Sedangkan fungsi khusus antara keduanya yaitu TCP (Transmission Control Protocol) memiliki fungsi untuk memastikan semua hubungan antar jaringan berjalan dengan benar dan IP (Internet Protocol) memiliki fungsi mentransmisikan data antar komputer.
Adanya internet, beragam manfaat dapat dirasakan. Proses komunikasi yang mudah diseluruh penjuru dunia tanpa mengenal batas, proses transmisi data yang cepat tanpa memakan waktu lama, dapat menjalin pertemanan antar negara menggunakan media sosial yang semakin menjamur. Serta berbagai alternatif canggih yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun perlu diketahui, untuk menikmati beragam fasilitas dari jaringan komputer berupa internet ini, diperlukan media penyelenggara jasa internet yang biasa disebut ISP atau Internet Service Provider. Salah satu jasa penyelenggara internet di Indonesia adalah Telkomnet Instan dari Telkom, teman-teman dapat berlangganan di penyedia ISP tersebut.

Intranet

Pengertian intranet hampir sama dengan pengertian internet, yaitu suatu jaringan komputer yang berbasis protokol TCP/IP, namun intranet biasa digunakan di dalam kegiatan internal perusahaan. Intranet dapat diartikan sebuah “jaringan internet pribadi” atau dengan kata lain intranet merupakan internet yang dimiliki dalam sebuah organisasi.  Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, serta klien dan juga server. Komponen protokol yang sering digunakan adalah Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP).
Antar intranet dapat saling berkomunikasi jarak jauh asalkan masih dalam satu jaringan intranet. Intranet dapat dikeluarkan ke publik jika suatu organisasi menghendakinya. Hal ini disebut ekstranet, dimana ekstranet merupakan kegiatan mengekspose sebagian dari jaringan komputer intranet suatu organisasi ke luar organisasinya, sehingga dapat diakses oleh publik secara luas. Sebagai contoh. Ketika seseorang membeli e-book dari suatu e-toko, maka orang tersebut telah mengakses sebagian intranet dari e-toko tersebut. Organisasi yang menghendaki ekstranet, dapat melakukan kontrol pengaksesan terhadap jaringan intranet mereka menggunakan firewall. Firewall adalah sebuah piranti lunak / keras yang berfungsi untuk mengatur (me-manage) akses seseorang ke dalam intranet.

0 komentar:

Poskan Komentar

Daftar Isi

i
 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates