Social Icons

Pages

Kamis, 06 Desember 2012

TUGAS PRAKERIN BAHASA INDONESIAKebakaran Hutan Gunung Walat Mencapai 10 Hektare

Nama: I Wayan Widarsa
Kelas XI (TKJ)
NO: 24
TUGAS PRAKERIN BAHASA INDONESIA
Kebakaran Hutan Gunung Walat Mencapai 10 Hektare
Sukabumi (ANTARA News) - Kebakaran hutan Gunung Walat di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, sampai Minggu pagi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat mencatat lahan hutan yang terbakar mencapai 10 Ha dan ini api masih terus berkobar.
   "Dari catatan kami sementara, sekitar 10 hektare lahan hutan Gunung Walat yang terbakar akibat kebakaran hutan dan api masih menjalar ke lahan lainnya," kata Kepala Bidang Kedarudaratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada ANTARA, Minggu.
             Menurut Usman, kebakaran di hutan pendidikan yang dikelola Institut Pertanian Bogor (IPB) ini titik api masih cukup banyak, ada sekitar 7-10 titik api yang belum bisa dipadamkan bahkan satu titik apinya masih tinggi dan berkobar.
            Lebih lanjut, upaya yang dilakukan untuk memadamkan api terus dilakukan, mobil pemadam kebakaran masih bersiaga dan mencoba memadamkan api di sekitar hutan Gunung Walat yang bisa terjangkau mobil damkar. "Sampai pagi ini kami bersama TNI dan Polri serta ratusan masyarakat terus berupaya memadamkan api agar tidak menjalar," tambahnya.
Dikatakannya, untuk mengantisipasi menjalarnya api ke pemukiman warga pihaknya menugaskan warga sekitar yang rumahnya berdekatan dengan lokasi kebakaran hutan agar membuat sekat. Tetapi, dari pantauannya, kobaran api tidak menjalar ke pemukiman warga.
              "Pembuatan sekat ini agar api tidak menjalar kepemukiman warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran, karena kami akui api cukup sulit dijikan yang disebabkan minim air dan sulitnya mobil damkar menuju lokasi kebakaran. Namun, sampai saat ini warga sudah aman karena api tidak menjalar sampai ke pemukiman," kata Usman.
                 Ia menambahkan, yang dikhawatirkan saat ini adalah kondisi angin karena jika angin bertiup cukup kencang maka api akan bisa dengan cepat menjalar, ditambah kondisi hutan kering dan banyak ranting pohon yang mudah terbakar, sehingga mempercepat api menjalar.
             "Kami berusaha agar api tidak meluas semua komponen kami turunkan dan berharap angin tidak kencang dan ada turun hujan agar mempermudah dalam pemadaman api pada kebakaran hutan Gunung Walat yang memiliki luasan hutan sekitar 359 Ha," demikian Usman.


Text Box: Kebakaran Hutan Gunung Walat Mencapai 10 Hektare

Informasi Non Verbal
Text Box: Sekitar 10 Hektare Lahan Hutan Gunung Walat Yang TerbakarText Box: Upaya yang dilakukanText Box: Dampak yang ditibulkanText Box: Banyak Ranting Pohon Yang Mudah TerbakarText Box: Kondisi Hutan Kering 








Text Box: Penyebab












Text Box: Serta Ratusan Masyarakat Terus Berupaya Memadamkan Api Agar Tidak Menjalar                                                                                                                                    


Simpulan:
Pendapat saya hendaknya setiap orang bisa menghargai lingkungannya, dan melestarikan lingkungan dalam hal ini hutan. Agar tidak terjadi kebakaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi


i
 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates