Social Icons

Pages

Selasa, 04 Desember 2012

Perbedaan OS Windows mobile, Palm, Symbian, Java, Android, Linux, BB, dan Maemo

Perbedaan OS Windows mobile, Palm, Symbian, Java, Android, Linux, BB, dan Maemo

penggunan HP di seluruh dunia sudah mencapai miliyaran orang, namun tidak semua yang tahu sistem operasi yang digunakan untuk masing-masing HP tersebut,dan kelebihan dsan kekurangan yang dimiliki masing OS yang tertanam ddi dlamnya. untuk itu, saya akan mencoba memerikan sedikit ulasan mengenai masing-masing os Hp yang beredar luas di pasaran.
Sistem Operasi Pada Ponsel (Mobile Operating System)
Sebelum kita tahu perbedaan masing-masing OS (Operating System), tentunye kite mesti paham dulu dah apa pengertian Sistem Operasi, atau bahasa kerenya mah Operating System (OS). Sistem operasi yaitu suatu interface perantara antara user dan device yang digunakan untuk mengontrol/memanage device maupun aplikasi di dalamnya. Bukan hanya komputer yang mempunyai system operasi, ponselpun juga punya sistem operasi sendiri.
OS yang bukan bersifat proprietary adalah OS umum yang artinya banyak dipakai oleh banyak Vendor ponsel, contohnya adalah Windows Mobile, Palm, Symbian, Java, Android, Linux dan yang terakhir adalah Maemo. Mari kita bahas satu persatu. Meskipun banyak penjelasannya, tapi penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan kita tentang sistem operasi yang ada pada ponsel.
Sistem Operasi Windows Mobile.

Windows Mobile adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. OS windows mobile biasanya hanya digunakan pada ponsel jenis PDA Phone yang harganya lumayan untuk kalangan ekonomi menengah kebawah, namun biasanya pengguna HP dengan OS ini hanya kalangan pebisnis yang ekonominya lumayan. Biasanya sebanding dengan harga 1 buah laptop, tergantung dari merk dan spesifikasinya.
Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC.
Keunggulan windows mobile adalah :
1. Sebagian besar teknologi IT (Information Technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software. Komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.
2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS,
menonton televisi, serta Mobile Database.
Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software
developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.
Sistem Operasi Palm.
 
Palm adalah pesaing utama dari sistem operasi Windows Mobile di awal tahun 2000-an lalu. Palm juga merupakan pelopor sistem operasi yang mutlak digunakan oleh sebuah ponsel pintar. Sayangnya ketenaran Palm belakangan kian 
turun begitu kehadiran para pesaingnya yang kian mengganas. Keunggulan OS Palm adalah tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik. Dengan kapasitas sebesar 16 MB misalnya sudah sangat lebih dari cukup untuk menyuntikkan berbagai fungsi aplikasi
tambahan. Terakhir kabarnya Palm bakalan merilis ponsel terkini mereka yang disebut Palm Pre. Ponsel yang kabarnya memiliki keunggulan yang digadang-gadangi sebagai iPhone killer.
Sistem Operasi Symbian.

Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk peralatan bergerak mobile. OS Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone. Symbian telah mengalami perkembangan yg drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone. Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor2 raksasa pd masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber- OS Symbian. Symbian dipandang lebih unggul karena:
1. Dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi
dari komputer.
2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP. Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. Terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.
3. Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga
para vendor bisa menvariasikan produk-produknya.
OS yang lebih menarik dari pada kelas java. Namun OS ini jika dibandingkan dengan kelas
java lebih rentan untuk terkena virus mobile phone.
Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).
Sistem Operasi Java.

OS Java biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik namun kelas monoponik pun juga telah tersedia. Biasanya terdapat pada ponsel tipe lama, namun tipe baru sekalipun saat ini biasanya juga telah mendukung untuk fitur ini. Harga untuk ponsel jenis ini lebih terjangkau. Java sebagai middleware yang diperkenalkan pada ponsel, memberikan jawaban yang sangat memuaskan. Dengan adanya Java, seseorang dapat membuat aplikasi bermodalkan komputer dan sebuah aplikasi notepad. Sayangnya, kemampuan Java sebagai middleware mengakibatkan terbatasnya feature hardware ponsel yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi berbasis Java.
Sistem Operasi Android.

Android adalah sistem operasi terkini sebuah ponsel besutan perusahaan raksasa Google. Sistem operasi ini sudah mulai digunakan oleh vendor terkemuka dibidang PDA berlayar sentuh yaitu HTC diikuti oleh vendor lokal IMO yang barangkali ingin mencoba sedikit peruntungannya. Mengandalkan berbagai fitur milik Google yang kabarnya menjadi ancaman
bagi perusahaan lainnya sekelas Microsoft dan Yahoo. Android berusaha mencuri perhatian melalui Maps, Search hingga browsernya yang diklaim jauh lebih ringkas dan cepat. Sayangnya keterbatasan budget kantong pribadi menjadi salah satu kendala untuk menjajal sistem operasi ini. Masih berharap Google bakalan menyediakan Simulator Developmentnya seperti halnya BlackBerry dan Windows
Mobile tempo hari.
Saat ini yang mendominasi pasar adalah OS Symbian dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 48 persen. Ini berarti terjadi penurunan dari 58 persen di 2008. Walaupun Ovum memprediksi pengapalan Symbian akan mencapai 168 juta unit di tahun 2015, jumlah pangsa pasarnya akan terus terkikis sampai ke kisaran 30 persen. Penyebabnya adalah karena adanya pertumbuhan adopsi OS Android. Ovum memprediksikan pengapalan Android akan mencapai 110,8 juta di tahun 2015 dan diperkirakan OS ini akan melampaui pengapalan Windows Mobile di 2014.
Sistem Operasi Linux.

Linux adalah salah satu sistem operasi yang kerap digunakan oleh vendor Motorola. Baik dalam seri ROKR maupun seri PDA layar sentuh mereka. Namun keterbatasan dukungan fungsi aplikasi tambahan dan user interface yang kurang familiar menyebabkan sistem operasi ini timbul tenggelam dalam dunia ponsel.
OS Linux telah memasuki dunia OS sejak lama tapi digunakan untuk Smartphone hanya sejak tahun 2003, hingga kini Smartphone yang menggunakan OS Linux dan menjadi terkenal hanya dengan brand Motorola saja. Tapi sebenarnya ada banyak Vendor ponsel yang sedang mengembangkan ponsel atau PDA dan Smartphone berbasis Linux, karena OS Linux untuk smartphone masih baru maka sebenarnya belum banyak pihak ketiga yang ikut mengembangkan programnya. Hal ini sedikit membuat kata Smartphone kurang cocok untuk ponsel yang memiliki dukungan ataupun berbasisLinux.
Mac OS X, sementara 4 sistem operasi lain telah terlebih dulu bertarung dengan sengitnya untuk saling menunjukkan kelebihan dan kehebatannya dari setiap sisi dan pada tanggal 11 Juni 2007 menyusul Apple selaku Vendor pemilik sistem operasi Macintosh memproduksi ponsel dengan brand iPhone yang memiliki dukungan sistem operasi yang sama diproduksi oleh Apple, yaitu Mac OS X diluncurkan pada 28 Juni 2007. Mungkinkah iPhone memiliki keunggulan sebagai Smartphone sejati ? Namun pada kenyataannya banyak jutaan orang yang menanti untuk memilikinya.
Sistem Operasi Linux semakin dilirik, karena merupakan operating system (OS) yang dikenal keandalannya dalam hal security dalam dunia server dan PC. Sekarang ia telah merambah ke dunia ponsel. Para pencipta ponsel di dunia semakin melirik OS yang open source ini. Apakah karena kegratisannya? Atau kedigdayaan dari sistem yang berlogo penguin ini? Perkembangan ponsel yang sangat pesat, menjadikan vendor ponsel terus menciptakan fitur-
fitur terbaru. Ponsel yang beredar di pasar, tidak hanya digunakan untuk bertelepon saja. Tetapi, dengan adanya sistem operasi yang lebih pintar dan dukungan dari ponsel itu sendiri, aplikasi-aplikasi baru dapat diceburkan di dalamnya. Sistem operasi yang tersedia beragam, mulai dari yang paling banyak digunakan, yaitu Symbian, lalu beberapa OS yang lain seperti Linux, Palm, dan yang terkini adalah Microsoft Windows Mobile. Sedangkan Linux adalah OS yang agak berbeda dari yang lainnya. Sistem ini bersifat open source, sehingga para pengembang OS, khususnya untuk ponsel sedang berfokus untuk mengembangkan sistem ini.
Untuk ke depannya, Vendor asal Amerika Serikat ini (Motorola), berencana terus mengembangkan sistem Linux, menjadi Linux Java. Sehingga para programmer Linux dapat langsung mengubah isi kode-kode program dengan menggunakan Java language. Menurut pihak Motorola, hal ini menjadi lebih mudah dalam pengembangannya. Salah satu alasan mengapa Motorola melirik sistem Linux, karena ia paling gampang untuk dikembangkan, banyak aplikasi yang dapat dimuat di dalamnya, termasuk game 3D.
Ke depannya, tidak hanya Motorola dan Nokia atau vendor besar lainnya namun NEC pun dikabarkan juga akan mendukung OS Linux untuk salah satu handset yang akan diproduksinya. Selain kemudahan dalam pengembangan sistem, Motorola berargumen bahwa sistem Linux bersifat time to market.
Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.
Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.
Sistem Operasi BlackBerry.

Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi officeseperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.
BlackBerry yang belakangan muncul dan langsung menjadi trend rupanya makin berusaha mencuri pangsa pasar yang dahulunya dikuasai oleh Windows Mobile. Bahkan kabarnya saking trend-nya BlackBerry di pasar Indonesia, peluncuran ponsel pintar dari sebuah vendor besar yang menggunakan Symbian 3rd Edition malah kalah gaungnya. Apa yang menjadi keunggulan dari sistem operasi ini? sesungguhnya yang diunggulkan adalah layanan dari Research In Motion (RIM) selaku pengembang sistem operasi BlackBerry ini. Dari fitur Push Email yang mampu menciutkan ukuran sebuah attachment pada sebuah email hingga 10 (sepuluh) persennya hingga Messenger yang beken itu. Selebihnya sebenarnya tak jauh berbeda dengan sistem operasi lainnya baik itu Symbian maupun Windows Mobile.
Sistem Operasi Maemo.

Pernah dengar OS Maemo? Maemo adalah sebuah sistem operasi terbaru dari sebuah vendor besar Nokia yang digunakan oleh device terbatas Internet Tablet yaitu seri N770, N800, N810 dan N900. Sistem operasi ini lebih mengkhusus diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi. Tak heran dalam setiap rilis devicenya, Nokia selalu mengutamakan resolusi layar yang besar dan lebar lengkap dengan layar sentuh plus keypad QWERTY dalam bentuk slide.
Demikian macam-macam Operating System Pada Ponsel. Dari pengertian mendalam hingga perkembangannya yang terus meningkat pada masa yang akan datang. Semoga kumpulan dari artikel ini bisa membantu dan berguna bagi para pengguna internet di seluruh dunia. AMIN. Lebih dan kurangnya ane minta maap.. Billahi Taufik Walhidayah... Wasallamua'laikum.Wr.Wb.
"Ditunggu Commentnye..." :D
sumber :
http://www.scribd.com/doc/28678455/Siste…http://www.scribd.com/doc/28678455/Sistem-Operasi-P
http://www.esc-creation.org/showthread.php?pid=267699
http://andhikhariz.blogspot.com/2011/05/apa-itu-os-windows-mobile-palm-symbian.html

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Isi


i
 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates